Bimtek Layanan Prima di Era Digital

Kini hampir di seluruh belahan dunia termasuk negara kita dilanda wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pandemi yang menimbulkan sejumlah konsekuensi ini menuntut adanya perubahan dalam pelayananan. Kondisi negara yang tengah diterpa pandemi membutuhkan pelayanan yang berbeda. Pelayanan secara tatap muka, berubah dilakukan dengan cara dalam jaringan (online). Etika pelayanan yang biasa diberikan dengan pertemuan langsung, bergeser menjadi etika pelayanan secara digital. Pada hari Kamis, 23 September 2021, UPT Pengembangan SDM ITB telah melangsungkan kegiatan Bimbingan Teknis Pelayanan Prima yang diadakan melalui media Zoom meeting. Pembicara yang menyampaikan materi adalah Dr. N. Nurlaela Arief, S.E., M.A.B, dosen yang menjabat sebagai Director of Communication & Alumni Relations (Humas) SBM ITB. Materi yang disajikan adalah seputar “Pelayanan Prima di Era Digital”.

 

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembangunan Kapasitas dan Pengembangan Karir UPT PSDM ITB, Dr. Ir. Madju Yuni Ros Bangun, M.B.A. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan pengembangan kompetensi Tenaga Kependidikan (Tendik) di lingkungan Institut Teknologi Bandung. Dr. N. Nurlaela Arief, S.E., M.A.B., mengemas pelatihan Pelayanan Prima di Era Digital dengan sangat menarik lewat kuis, tanya jawab secara langsung, dan praktik layanan prima di era digital. Pada sesi bahasan terakhir, peserta dibagi ke dalam empat kelompok. Tiap kelompok diminta membuat perencanaan Layanan Prima dengan topik sebagai berikut:

Kelompok 1: Program Kembali Ke Kampus;

Kelompok 2: Pelaksanaan Wisuda Online atau Offline;

Kelompok 3: Kegiatan Karir, Career Day, Career Fair; dan

Kelompok 4: Welcoming Day Mahasiswa Baru.

 

Antusiasme peserta terhadap pelatihan ini sangat baik, ditunjukkan dengan jumlah peserta yang mendaftar mencapai 300 orang dan banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada para narasumber lewat interaksi langsung dengan menggunakan fitur raise hand pada aplikasi Zoom. Dengan terlaksananya kegiatan ini peserta diharapkan akan memiliki pemahaman tentang Pelayanan Prima di masa pandemi: 1. Orientation: customer at the center; 2. Offer: responsibility (emphatic-focused); 3. Experience: low touch (digital-intensive); 4. Content: story (narrative); 5. Interaction: journey (holistic); dan 6. Chanel: omni (seamless-unifield).

September 28, 2021