Diskusi Kelompok Terpumpun Kegiatan Pengembangan Kompetensi SDM ITB 2022

Sehubungan dengan tahapan transformasi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang pada tahun 2022 akan memusatkan perhatian kepada tahap Pembangunan lima program, yaitu:

  1. Manajemen Karir
  2. Pelatihan dan Pengembangan
  3. Employee Engagement
  4. Kebijakan sumber daya manusia (SDM)
  5. Integrasi Unit Kerja SDM

 

maka UPT Pengembangan Sumber Daya Manusia (UPT PSDM) memandang bahwa memperoleh masukan berharga dari Unit Kerja Akademik/UKA dan Unit Kerja Pendukung/UKP serta perwakilan Majelis Tenaga Kependidikan (MTK) terkait rencana kegiatan pelatihan pengembangan kompetensi SDM ITB di tahun 2022 sebagai sesuatu yang sangat penting.

Untuk mengakomodasi hal tersebut, sejalan dengan akan dimulainya Tahun Anggaran 2022, UPT PSDM ITB menyelenggarakan diskusi kelompok terpumpun (DKT) Kegiatan Pengembangan Kompetensi SDM ITB 2022 yang diikuti oleh 23 peserta untuk Pengembangan Kompetensi Dosen yang terdiri dari Wakil Dekan Sekolah (WDS), atau yang mewakili, dari 12 fakultas/sekolah dan 11 Pimpinan UKP terkait, atau yang mewakili.  Sementara itu untuk Pengembangan Kompetensi Tenaga Kependidikan (Tendik) diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 19 Perwakilan UKP terkait dan satu peserta MTK ITB.

Kegiatan diskusi kelompok terpumpun telah berhasil dilaksanakan UPT PSDM ITB di Trans Luxury Hotel, Sabtu, 6 November 2021. Acara ini dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Sumber Daya fakultas/sekolah, para direktur, dan jajaran pimpinan di lingkungan Institut Teknologi Bandung. Narasumber yang memberikan paparan adalah Ir. Irwan Rei, M.Sc., M.B.A., Dr. Made Andriani, S.T., M.T., dan Dr. Ir. Madju Yuni Ros Bangun, M.B.A. Wakil Rektor bidang Sumber Daya, Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati Soekidjo, M.Comm. berkenan membuka Diskusi Kelompok Terpumpun ini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan dari UKA dan UKP serta perwakilan dari MTK tentang kegiatan pelatihan untuk pengembangan kompetensi sumber daya manusia di ITB sehingga kegiatan pelatihan yang diadakan oleh UPT PSDM sesuai dengan kebutuhan dari unit-unit.

Luaran yang berhasil didapatkan dari kegiatan diskusi kelompok terpumpun ini adalah daftar usulan rencana kegiatan pelatihan pengembangan kompetensi SDM ITB yang diperlukan oleh dosen dan tenaga kependidikan serta diharapkan untuk dapat direalisasikan oleh UPT PSDM di tahun 2022 mendatang.

December 16, 2021