Management Leadership and Development Program (MLDP)

Oleh: Roslina Sawitri

UPT Pengembangan SDM ITB menyelenggarakan Kursus Kepemimpinan Management Leadership and Development Program (MLDP) yang terbagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama diselenggarakan selama empat hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 22 – 25 Juni 2021. Sedangkan MLDP tahap dua diselenggarakan selama dua hari saja, yakni pada tanggal 22 – 23 Juli 2021. Kursus kepemimpinan ini diikuti oleh 25 peserta yang merupakan gabungan antara dosen dan tenaga kependidikan (tendik) di lingkungan Institut Teknologi Bandung.

Para pembicara yang ditampilkan juga merupakan figur dari kalangan profesional, seperti sebut saja, Prof. Frans Hardi Hartanto, Dr. Ir. Widhyawan Prawiraatmadja, Veranica Yosephine (yang merupakan CEO AirAsia), dan Dr. Akbar Adhi Utama. Sedangkan dari kalangan dosen, Kepala UPT PSDM, Lusia Nurani, Ph.D. dan Kepala Bidang Pembangunan Kapasitas dan Pengembangan Karir UPT PSDM ITB, Dr. Yuni Ros Bangun, turut menyajikan paparan bagi para peserta kursus kepemimpinan.

Selama kursus ini berlangsung, para peserta mendapatkan sajian materi yang beragam dan tentu saja bermanfaat untuk diaplikasikan dalam ruang lingkup pekerjaan sehari-hari. Beberapa contoh kajian yang diberikan oleh Prof. Frans Hardi Hartanto adalah tentang Pekerja dan Teknologi di Era Digital (atau Normal Baru), serta apa yang dimaksud dengan Kepemimpinan Kontemporer. Sedangkan Dr. Ir. Widhyawan Prawiraatmadja memberikan paparannya tentang Kepemimpinan Stratejik serta Analisis SWOT (kekuatan [Strengths], kelemahan [Weaknesses], peluang [Opportunities], dan ancaman [Threats]).

August 23, 2021