Pelatihan Pengelolaan Arsip

UPT Pengembangan Sumber Daya Manusia, pada hari Senin, 30 Agustus 2021, melangsungkan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Arsip secara daring untuk pengelola arsip di lingkungan ITB. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama UPT Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Biro Administrasi Umum dan Informasi (ADUM dan Informasi) ITB.

Narasumber yang menyampaikan materi dalam kegiatan ini adalah Dini Sofiani Permatasari, S.Si., M.T., Anisa Nurjanah, A.Md. dan Sri Lisnawati, A.Md., dari Biro ADUM dan Informasi ITB. Pelatihan ini dirancang untuk Tenaga Kependidikan (Tendik) ITB yang akan atau telah diberi tugas untuk mengelola arsip di unit kerja masing-masing sehingga dapat memiliki kemampuan dalam melakukan pengelolaan arsip yang baik.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembangunan Kapasitas dan Pengembangan Karir UPT PSDM ITB, Dr. Ir. Madju Yuni Ros Bangun, M.B.A., dan sebelumnya kata sambutan diberikan oleh Kepala Biro ADUM dan InformasiĀ  ITB, Usep Mulyana, S.Sos., M.A.P.

Kegiatan ini diawali dengan pretes untuk mengukur pemahaman awal para peserta tentang pengelolaan arsip. Materi pertama dalam pelatihan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Kelola Administrasi dan Kearsipan, Biro ADUM dan Informasi ITB, Dini Sofiani Permatasari, S.Si., M.T. dengan pembahasan tentang Pedoman Pengelolaan Kearsipan ITB, Pedoman Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, Sistem Klasifikasi Keamanan, dan Akses Arsip Dinamis ITB. Materi kedua disampaikan oleh Anisa Nurjanah, A.Md. yang memaparkan materi tentang Pengelolaan Arsip Foto. Selanjutnya, pemateri terakhir, Sri Lisnawati, A.Md., memaparkan materi tentang Pengelolaan Arsip Inaktif. Kegiatan pelatihan ditutup dengan postes untuk mengukur seberapa paham materi yang diserap dan dipahami oleh para peserta.

Antusiasme peserta terhadap pelatihan ini sangat baik, ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada para narasumber, baik secara tertulis maupun lewat interaksi langsung dengan menggunakan fitur raise hand pada aplikasi Zoom. Dengan terlaksananya kegiatan ini peserta diharapkan akan memiliki: 1. Pemahaman akan prinsip-prinsip pengelolaan arsip di ITB; 2. Kemampuan dalam melakukan proses pemberkasan dan penyimpanan arsip aktif, penataaan dan penyimpanan arsip inaktif; 3. Kemampuan dalam menjaga keautentikan, keutuhan, keamanan, dan keselamatan arsip; dan 4. Kemampuan dalam memberikan layanan kearsipan di unit kerjanya masing-masing.

August 30, 2021