Seri Lokakarya: Peluncuran Writing Center UPT PSDM ITB

Oleh: Roslina Sawitri

Dalam rangka peluncuran program terbaru, yakni Writing Center, UPT Pengembangan SDM menyelenggarakan Seri Lokakarya selama tiga hari berturut-turut dengan mengundang beragam narasumber yang ahli di bidangnya. Lokakarya ini dilaksanakan dengan platform Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube UPT PSDM ITB.

Pada hari pertama, Senin, 5 April 2021, lokakarya yang bertajuk Penulisan Karya Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan Institut Teknologi Bandung berlangsung dari pukul 09.00-11.00 WIB. Acara dibuka oleh Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M. Comm. Selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya. Narasumber utamanya adalah Prof. Dr. Ismunandar, yang merupakan Staf Ahli bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Plt. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek/BRIN.

Lokakarya hari kedua, Selasa, 6 April 2021, mengambil tema Penulisan Scholarship Application Bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Institut Teknologi Bandung dan dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 WIB. Narasumber yang berbicara pada kesempatan kali ini adalah Ir. Dwi Larso MSIE, Ph.D., Direktur Beasiswa LPDP, yang juga didampingi oleh Ratna Prabandari sebagai Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP. Selain itu, juga hadir narasumber dari American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), Miftahul Mardiyah, sebagai Associate Communications Officer. Narasumber yang terakhir adalah Alfend Rudyawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Kepala Bagian Pengelolaan Kemitraan ITB.

Sementara itu, pada hari terakhir lokakarya, Kamis, 7 April 2021, tema yang diusung adalah Penulisan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Bagi Dosen Institut Teknologi Bandung, dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 WIB. Acara dimulai dengan pemberian sambutan dari Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM ITB). Narasumber pada hari ini adalah jajaran pejabat LPPM, yakni Dr.rer.nat. Rino Rakhmata Mukti, S.Si., M.Si., Sekretaris Bidang Penelitian, dan Deny Willy Junaidy, S.Sn., M.T., Ph.D., Sekretaris Bidang Pengabdian kepada Masyarakat.

Moderator yang bertugas setiap harinya pada seri lokakarya ini adalah ketiga writing consultant yang bertugas di Writing Center UPT PSDM ITB. Mereka adalah:

Alina Ayuningsih, S.S., M.App.Ling.

Rizvika Rahmita Salim, S.Hum., M.Sc.

Roslina Sawitri, M.Pd.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Writing Center UPT PSDM ITB, silakan akses laman https://psdm.itb.ac.id/writing-center/

August 23, 2021