Literasi Teknologi Informasi untuk Menunjang Kebutuhan Pendidikan di Masa Pandemi

18 Juli 2020 | 16.00 WIB

Oleh: Rizvika Rahmita Salim

 

BANDUNG, psdm.itb.ac.id – UPT Pengembangan Sumber Daya Manusia Institut Teknologi Bandung (PSDM ITB) telah menyelenggarakan pelatihan Literasi Teknologi Informasi pada tanggal 17 Juli 2020 dari pukul 8 sampai 11 WIB. Acara pelatihan ini diadakan secara daring via Zoom dan mengundang Mugi Sugiarto, S.Si.,MAB sebagai narasumber.

Acara pelatihan yang dibuka oleh Ketua PSDM ITB, Lusia Marliana Nurani, Ph.D, ini turut mengundang Dr.Ir.Arry Akhmad Arman,MT selaku Direktur Direktorat STI ITB untuk memberi pengenalan mengenai topik yang akan dibahas. Ia menyebutkan bahwa literasi digital adalah ketertarikan, sikap, dan kemampuan individu menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat. Dengan terjadinya pandemi COVID19, masyarakat mengandalkan teknologi digital dalam melaksanakan berbagai atau hampir seluruh kegiatan. Oleh karena itu, meningkatkan literasi digital agar dapat memanfaatkan lingkungan kerja baru yang berbasis teknologi adalah sebuah kebutuhan.

Selanjutnya, Mugi Sugiarto selaku pemateri menyampaikan bahwa “Sumber daya alam dalam masyarakat informasi dapat diketahui dari tingkat kesadaran, pemahaman, dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi yang disebut literasi informasi.” Dengan adanya perkembangan Revolusi Industri yang saat ini telah mencapai Revolusi Industri 4.0, yang dipenuhi dengan teknologi Internet of Things (IoT), big data, robot, dan otomasi, tentunya semua perlu beradaptasi. Tak terkecuali para profesional yang bergelut di bidang pendidikan.

Dalam sesi pelatihan daring ini, Mugi Sugiarto juga turut menjabarkan cara-cara pemakaian Microsoft Teams dan Office 365 yang dipilih ITB sebagai salah satu alat untuk mengadakan kelas daring dan alat yang mempermudah antar tenaga pendidik untuk saling komunikasi dan kolaborasi secara daring di masa pandemi ini. Pelatihan “Literasi Teknologi Informasi” ini diharapkan dapat mempermudah tenaga pendidik ITB dalam melancarkan kegiatan belajar mengajar dan kerja sama via daring.

 

December 22, 2020